My Holiday "Sejarah Kampungkuu"

Nama: Eliza Dwi Puspita Sari 
Nim: 2130023039
Prodi: S1 Kesehatan Masyarakat
Semester:  2 OTW ke 3

My Holiday


Sejarah Kampungku: Trenggalek


Trenggalek adalah sebuah kabupaten di sebelah barat daya dari provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan samudera India. Batas wilayahnya meliputi : sebelah utara berbatasan dengan gunung Wilis, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Tulungagung, sebelah selatan berbatasan dengan samudera India dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Pacitan dan Ponorogo. Keadaan alamnya mayoritas daerah pegunungan dan mayoritas hutan yang telah dikelola oleh Perhutani. 

Asal usul nama Trenggalek berasal dari kata Terang Ing Galih, yang memiliki arti “Terang di Hati”. Yang diucapkan oleh Ki Ageng Sinawang selaku pengasuh dari Menak Sopal. Makna dari nama Trenggalek, di angkat dari legenda Menak Sopal.

Yang di mana cerita "Menak Sopal" ini adalah cerita rakyat yang lekat dengan asal-usul dari nama Trenggalek. Ia adalah seorang tokoh babad alas Trenggalek, putra dari pasangan Dewi Amisayu, putri kadipaten Trenggalek, dan Menak Sraba.

Konon katanya, ia menyanjung mbok Randa yang telah mengikhlaskan Gajah Putih miliknya dikorbankan untuk Buaya Putih. Buaya Putih itu memiliki syarat kepala Gajah Putih agar tak merusak Dam Bagong yang dibangun Menak Sopal dan masyarakat.

Di sisi lain, istilah Terang Ing Galih memiliki arti terang di hati atau hati yang jernih. Istilah ini dikontraskan dengan makna Tulungagung, yakni Pertolongan Besar. Dengan begitu, Trenggalek diartikan sebagai daerah yang mendapat karunia melalui hati yang jernih. 

Namun disisi lain trenggalek juga terkenal sebagai daerah produksi gaplek. 
Gaplek merupakan makanan tradisional dari wilayah pegunungan sewu yang terbuat dari singkong. 

Dalam penggunaan singkongnya yang terang warnanya mengisyaratkan istilah terang dan gaplek. Salah satu wangsalan yang cukup populer yaitu pohong garing yang bermakna gaplek. 

Pada masa kerajaan hindu budha wilayah trenggalek berstatus sebagai tanah perdikan atau sima. 

Ini ada beberapa foto pantai di daerah trenggalek:


Jangan lupa datang yaa♡

Ini vidionya ya:







Komentar

Postingan populer dari blog ini

4. Tantangan Dan Peluang Mahasiswa Dalam Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0

POST NEWS PRA 4 BToPH

POST NEWS PRA 5 BToPH 2023